Tanggap Lingkungan oleh Anggota Muda XLIII KMPA Eka Citra: Krisis Kesadaran Kebersihan Lingkungan Civitas UNJ

News

,

Pendidikan Dasar Organisasi XLIII

(Dokumentasi Seminar Krisis Kesadaran Kebersihan Lingkungan Civitas UNJ)

 

Jakarta, 31 Maret 2024 — Gedung Ki Hajar Dewantara, Universitas Negeri Jakarta menjadi saksi kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Anggota Muda XLIII KMPA Eka Citra UNJ pada Kamis, 28 Maret 2024. Acara ini diadakan sebagai bagian dari final project dalam proses pelatihan dasar organisasi KMPA Eka Citra UNJ.

 

Mengangkat isu “Krisis Kesadaran Kebersihan Lingkungan Civitas UNJ”, seminar ini bertujuan untuk mengatasi krisis dan meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan di kalangan civitas akademika Universitas Negeri Jakarta. Dengan semangat membara, Anggota Muda KMPA Eka Citra UNJ berharap kegiatan ini dapat memicu kesadaran dan tindakan nyata dalam menjaga kebersihan di lingkungan kampus.

 

Seminar ini menghadirkan dua pembicara yang berpengalaman dalam bidang lingkungan, yaitu Abdul Ghofar dari Aliansi Zero Waste Indonesia dan Achmad Fadillah selaku Dewan Pembina Indonesian Green Ranger periode 2021 – 2024. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta seminar. Wawasan dari kedua pembicara tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada para peserta tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

 

Melalui seminar ini, Achmad Fadillah membuka pandangan baru mengenai upaya konservasi alam dan pelestarian lingkungan melalui peran aktif masyarakat. Didukung dengan pemahaman dari Abdul Ghofar tentang keberagaman strategi pengurangan sampah dan praktik zero waste yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan, semuanya terlihat antusias. Terbukti saat sesi tanya jawab menjadi segmen acara yang paling ditunggu untuk menggali keingintahuan peserta lebih lanjut lagi terhadap isu lingkungan yang sedang dibahas pada seminar. 

 

Acara diakhiri dengan buka puasa bersama, sebagai langkah konkret dalam pengurangan penggunaan plastik, peserta seminar diminta untuk membawa tumbler dan wadah makan pribadi. Langkah ini sejalan dengan semangat kesadaran lingkungan yang diusung dalam seminar, setiap tindakan kecil dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan.

 

Melalui seminar ini Anggota Muda XLIII KMPA Eka Citra UNJ  berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam membangun kesadaran civitas akademika kampus dan masyarakat umum akan kebersihan lingkungan. Mereka percaya bahwa tindakan nyata dapat dimulai dari langkah sederhana dan seminar ini menjadi langkah awal yang penting dalam perjalanan mereka menuju keberlanjutan lingkungan.

 

Kontributor | Siti Maulidah, Muhammad Fiqri dkk, Anggota Muda XLIII

Editor | Luthfiyah Fitri A, EC. 4223 – 0442

Tags :

News

,

Pendidikan Dasar Organisasi XLIII

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *