Upaya menanggulangi Krisis Iklim, KMPA Eka Citra melakukan Penanaman Mangrove di Pulau Rambut, Kepulauan Seribu

News, Pendidikan dan Latihan Dasar XLIII

Jakarta, 30 September 2023 – KMPA Eka Citra Universitas Negeri Jakarta menggelar kegiatan Penanaman Mangrove melalui kegiatan Pelantikan Siswa Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR XLIII) yang bertemakan “Rearrange The Earth“. Acara yang berlokasi di Pulau Rambut, Kepulauan Seribu DKI Jakarta, kegiatan tersebut didukung oleh pihak BKSDA DKI Jakarta.

Dalam upaya menanggulangi masalah soal krisis iklim, kami berupaya melaksanakan Pelantikan Siswa Pendidikan dan Latihan Dasar XLIII dengan program kegiatan penanaman mangrove dengan harap menanamkan nilai – nilai cinta akan alam beserta lingkungannya.

Acara yang diawali dengan aksi bersih sampah yang bertujuan untuk menjaga menjaga kebersihan, kelestarian dan peduli lingkungan di pesisir pantai Pulau Rambut yang dimana lokasi tersebut sebagai suaka margasatwa setempat. Dalam kegiatan ini, kami juga melakukan brand audit sampah di area tersebut.  Brand audit berfungsi untuk mengetahui merek sampah apa saja yang telah mencemari lingkungan sekitar.

Dalam pelaksanaan Brand audit ini, kami membagi menjadi 4 kelompok yang berisikan 7 – 8 orang per kelompok. Kemudian setiap kelompok dipisah menjadi 4 bagian dan mengambil sampah secara random 10 sampel sampah per orang. Hasilnya, setiap kelompok mendapatkan sekitar 70 – 80 sampel sampah yang akan dipilah, dihitung dan mengumpulkan data perusahaan yang menyumbang sampah ke daerah Pulau Rambut tersebut.

Kegiatan berikutnya dilanjut dengan penanaman mangrove, dipandu langsung oleh Budi Kusuma Wardana selaku polisi kehutanan setempat. Beliau menjelaskan pentingnya menanam mangrove upaya menanggulangi masalah krisis iklim. Melalui kegiatan penanaman ini beliau berharap pemuda – pemuda dapat menanamkan nilai – nilai cinta alam beserta lingkungannya. Mangrove sangat penting dalam mitigasi perubahan iklim karena mangrove menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan mangrove juga melindungi garis pantai dari erosi dan gelombang badai, menyediakan habitat bagi kehidupan laut dan mendukung mata pencaharian masyarakat setempat.

Menurut Sahal Afham selaku ketua KMPA Eka Citra 2023, Pelantikan Siswa Diklatsar XLIII ini merupakan gerbang awal bagi mereka yang mempunyai niat untuk belajar lebih di KMPA Eka Citra. Sesuai dengan moto Diklatsar tahun ini yaitu Berani Berkarakter ada 6 karakter yang akan ditanamkan selama proses pendidikan dan latihan dasar tersebut yang kedepannya diharapkan akan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Dengan membawa konsep aksi bersih pantai dan penanaman mangrove diharapkan siswa sadar bahwa pentingnya menjaga dan melestarikan alam yang bisa dimulai dari diri sendiri. KMPA Eka Citra melantik 40 siswa pada tahun ini dan saya sangat berharap mereka mampu untuk melewati tahap atau proses yang akan ditempuh kedepannya serta mampu melanjutkan perjalanan roda organisasi.

Kontributor II Grandis Tsaniya, AM XLII

Editor II Alvitorio Rachdya Shagarmatha, EC.4122 – 0433

Tags :

News, Pendidikan dan Latihan Dasar XLIII

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *