EKSPEDISI DHARMA LESTARI – PENGEMBARAAN ANGGOTA MUDA XLI

Eka Citra Outdoor School

,

News

,

Pengembaraan Anggota Muda

Jakarta, 14 Oktober 2022, Anggota Muda XLI KMPA EKA CITRA Universitas Negeri Jakarta melakukan Ekspedisi Dharma Lestari dengan mengusung Tema “Exploration, Collaboration dan Education“. Ekspedisi ini memiliki tujuan untuk mendukung program pemerintah “Indonesia Green Growth” dengan harapan timbul kesadaran masyarakat untuk lebih peduli akan pentingnya melestarikan alam dan lingkungan.


Dalam pelaksanaan Ekspedisi Dharma Lestari ini, tim melakukan pendakian Gunung Singgalang dan Gunung Tandikat pada tanggal 17 – 22 September 2022, dengan mengaplikasikan materi navigasi darat digital. Tim juga melakukan pengambilan gambar dan video kegiatan pendakian serta flora & fauna pada jalur pendakian. Hasil dokumentasi tersebut akan digunakan sebagai sarana mempromosikan potensi yang dimiliki Gunung Singgalang dan Gunung Tandikat. Tim berharap Gunung Singgalang dan Gunung Tandikat akan memiliki peminat yang dapat memajukan perekonomian warga sekitar.


Adapun rangkaian akhir dari kegiatan Ekspedisi Dharma Lestari, tim melakukan sosialisasi yang bertema zero waste dengan judul “Minim Sampah Plastik Sejak Dini” di SDN 09 Panyalaian, Tanah Datar. Selain melakukan sosialisasi, Tim juga melakukan aksi nyata seperti membagikan tumblr dan tote bag pada siswa kelas 4. Dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut, Timberharap bahwa siswa kelas 4 SDN 09 Panyalaian dapat memberikan contoh untuk kelas – kelas
lainnya. Sehingga, dapat tercipta sekolah yang minim sampah serta dapat menjadi contoh untuk sekolah yang ada di Kabupaten Tanah Datar.


“Ekspedisi Dharma Lestari mengajarkan kami tentang bagaimana cara tim merencanakan dan menjalankan ekasedisi, mulai dari perencanaan serta dapat melihat peluang – peluang yang ada dengan melakukan usaha dana mandiri. Tidak hanya itu, dari Ekspedisi ini kami juga belajar tentang makna sejati keluarga dalam sebuah kegiatan, Kami belajar bekerja sama, Melengkapi satu sama lain dan saling menguatkan.”. Menurut Muhammad Fikri Ardhian, Ketua
Pengembaraan AM XLI.


Dengan adanya rangkaian kegiatan yang dijalani selama ekspedisi ini yang diikuti oleh 13 Anggota Muda yang beranggotakan, M. Fikri Ardhian, Haifa Nabila, Arini Laylifasya, Aisyah NF, Fay Sayyidina, Melati Afifa, Ayu Andira, Mirza Brizain, M. Pahsya Putra, Adelia Anggraini, Alvitorio Rachdya, Nia Kurniasih, M. Zidane Yusuf. Tim berharap dapat turut serta dalam konservasi Gunung Singgalang dan Gunung Tandikat, Serta mengedukasi kelestarian lingkungan dan mengembangkan potensi yang ada dengan berkolaborasi untuk Indonesia yang lebih hijau.

Tags :

Eka Citra Outdoor School

,

News

,

Pengembaraan Anggota Muda

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *